https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/issue/feed JURNAL ENGINEERING 2024-11-17T10:43:34+07:00 Royan Hidayat engineeringupstegal@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify; margin: 0cm 0cm 12.0pt 0cm;"><span lang="EN-ID" style="font-size: 11.0pt; font-family: Roboto; letter-spacing: .1pt;">This journal is published by the Faculty of Engineering, Pancasakti University, Tegal, with ISSN Online No. 2549 - 8614. It is published twice a year, namely in April and October. Manuscripts published are based on research results with topics including; Mechanical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, informatics and information systems.</span></p> https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/article/view/78 Optimasi Kadar Aspal Pertamina Terhadap Karakteristik Campuran Aspal Beton (Ac-Bc) Menggunakan Variasi Agregat Batuan Lokal Gunung (Balapulang) 2024-11-17T10:17:43+07:00 Weimintoro Weimintoro weimintoro@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Marshall menggunakan bahan pengikat aspal Pertamina AC 60/70 dengan menggukan <em>Flow</em> (kelelehan), VIM (<em>Void In Mix</em>), VMA (<em>Void In Mineral Agregate</em>) VFB (<em>Void Filled Bitumen</em>) dan <em>Marshall Quotient</em> (MQ). Penelitian ini menggunakan metode pengujian campuran beraspal panas (<em>Hot Mix</em>) dengan metode Marshall. Penelitian ini Terdiri dari 5 Varian dan masing-masing varian menggunakan kadar aspal yang berbeda antara lain 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%, dan perkadar dibuatkan masig-masing 3 sample benda uji. Pelaksanaan peneliian dilakukan di Laboratarium Teknik sipil Universitas Pancasakti Tegal dan Laboratarium PT, Nisaana Hasna Rizqy. Tahapan pengujian meliputi Pemeriksaan Agregat Agregat kasar dan agregat halus), pemeriksaan aspal AC 60/70,Pemeriksaan filler , pembuatan benda uji campuran beton aspal dan pengujiaan marshall. Hasil uji kinerja karakterisitik Marshall didapat kadar Optimum 5,5% dan hasil rata Stbilitas Marshall 1550,0 kg, nilai rerata Flow (kelelehan) 4,00 mm, nilai <em>Density</em> (kepadatan ) 2,340 gr/cc, nilai VMA ( <em>Void In Mineral Agregate</em>) 14,40%, nilai rerata Vim (<em>Void In Mix</em> ) 3,70%, nilai rerata VFB (<em>void Filled Bitumen </em>) 76,20%, dan nilai rerata <em>Marshall Quotient</em> (MQ) 440,0 kg/mm</p> 2021-04-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/article/view/79 Pengaruh Penggunaan Abu Sekam Padi (Rice Husk Ash) Pada Beton Normal Terhadap Nilai Kuat Tekan 2024-11-17T10:21:54+07:00 Teguh Haris Santoso tesant73@gmail.com <p>This study aims to determine the effect of adding rice husk ash to normal concrete on its compressive strength value. The benefit of this research is to increase knowledge about the effect of rice husk ash which can be used as an effort to reduce the use of Portland cement in concrete. This research method uses an experimental method of an experiment to determine the effect of a variable under study. The location of this research was conducted at the laboratory of PT. Nisajana Hasna Rizqy Tegal. The results of this study are the composition of the mixture of rice husk ash mixture which has the greatest compressive strength value occurs in the mixture of ASP * 10% concrete at 19.84 MPa aged 28 days, the compressive strength value does not reach the planned target of 24 MPa.&nbsp;</p> 2021-04-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/article/view/80 STUDI PERENCANAAN NORMALISASI SUNGAI BABAKAN KABUPATEN BREBES 2024-11-17T10:25:07+07:00 Hanif Rizki Imanullah hanifriski0729@gmail.com <p>Pada awal tahun 2020 dari bulan januari sampai bulan februari tercatat 6 kali terjadi peristiwa banjir, yang terparah pada saat terjadi limpas tanggul&nbsp; di Desa Kemurang Wetan, Kemurang Kulon dan Pejagan. Penyebab terjadinya banjir di Sungai Babakan adalah intensitas hujan yang tinggi dan tidak didukung dengan kapasitas penampang sungai yang memadai. Dari hasil analisis hujan rencana didapatkan curah hujan rata-rata pada Daerah Aliran Sungai Babakan adalah 81.63 mm. Lokasi penelitian berada di tiga titik yang meliputi Desa Kubangwungu dengan panjang rencana 750 meter, Desa Sutamaja dengan panjang rencana 300 dan Desa Kemurang Wetan dengan panjang rencana 1000 meter. Dari hasil pengamatan dilokasi penelitian debit banjir tercatat 91.56 m<sup>3</sup>/dt dan debit harian rata-rata yaitu 1.45 m3/dt. Pada saat kondisi eksisting penampang sungai mampu untuk menampung debit 91.56 m3/dt berdasarkan simulasi hitungan profil aliran dengan bantuan Software HEC-RAS 5.0.7. berdasarkan perhitungan dimensi penampang didapatkan detail penampang yang ideal adalah lebar 30 meter, tinggi 5.2 dan lebar tanggul jagaan 4 meter dengan Q rencana yaitu Q<sub>50</sub> 721.33 m3/dt dengan asumsi debit 510.353 m3/dt dengan bentuk penampang menyesuaikan kondisi di lapangan, baik menggunakan kemiringaan 1 : 2 maupun 1 : 1.</p> 2021-04-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/article/view/81 Analisis Kinerja Evaporator Pada AC Split 1/2 PK Dengan Refrigeran R-22 dan R-290 2024-11-17T10:28:57+07:00 Mustaqim Mustaqim mustaqim@upstegal.ac.id <p>AC adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengkondisikan udara. Bisa dikatakan bahwa AC adalah alat yang berfungsi sebagai penyejuk udara. Penggunaan AC dimaksud untuk memperoleh temperatur udara yang diinginkan (sejuk atau dingin) dan nyaman bagi tubuh pada suatu ruangan. Kunci utama dari AC adalah refrigeran, yang umumnya CFC (<em>Chloro Fluoro Carbon</em>), HCFC (<em>Hydro Chloro Fluoro Carbon</em>), HFC (<em>Hydro Chloro Fluoro Carbon</em>) adalah senyawa organik yang mengandung satu atau lebih atom fluorin. Menurut peraturan pemerintah menuliskan penghapusan HCFC-22 atau lebih dikenal dengan freon R22 pada sektor refrigerasi, Air evaporator. Untuk itu dicari pengganti freon R22. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan melakukan rancang bangun AC split 1/2 pk menggunakan refrigeran R290 dan R22 dengan menvariasikan tekanan. Data yang diperoleh dari percobaan kemudian dibandingkan guna menghasilkan pengaruh terhadap efektifitas evaporator. Hasil penelitian diperoleh data evektivitas evaporator pada masing – masing freon. Pada AC yang menggunakan freon R22 memiliki rata – rata&nbsp;&nbsp; evektifitas evaporator dibandingkan AC yang menggunakan freon R290. AC yang menggunakan freon R22 memiliki rata – rata 10,93 Watt&nbsp;&nbsp; sedangkan AC yang menggunakan freon R290 memiliki rata – rata 14,49 Watt.</p> 2021-04-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/article/view/82 PENGARUH VARIASI KOMPOSIT PLASTIK HDPE DENGAN TEPUNG TERIGU TERHADAP SIFAT MEKANIS SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN COVER KNALPOT SEPEDA MOTOR BEAT 2024-11-17T10:38:17+07:00 Rusnoto Rusnoto rusnoto@upstegal.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesimen yang memiliki kekuatan tarik, kekuatan impak, dan kekuatan <em>bending</em> yang lebih besar serta mengetahui spesimen yang terbaik untuk bahan baku pembuatan cover knalpot sepeda motor BEAT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksperimen. Lokasi pengujian dilakukan pada Laboratorium Bahan Teknik Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yang terdiri dari empat variasi yaitu perbandingan : 100%:0%, 95%:5%, 90%:10%, dan 85%:15% . Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu uji tarik, uji impak, dan uji <em>bending</em>. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata kekuatan tarik komposit 100%:0% sebesar 12,38004 MPa, rata-rata kekuatan tarik komposit 95%:5% sebesar 12,45134 MPa, rata-rata kekuatan tarik komposit 90%:10% sebesar 13,27511 MPa. rata-rata kekuatan tarik komposit 85%:15% sebesar 12,5941 MPa. Rata-rata kekuatan impak komposit 100%:0% sebesar 0,035156 J/mm², rata-rata kekuatan impak komposit 95%:5% sebesar 0,057077 J/mm², rata-rata kekuatan impak komposit 90%:10% sebesar 0,053212 J/mm², rata-rata kekuatan impak komposit 85%:15% sebesar 0,058353 J/mm².Rata-rata kekuatan <em>bending</em> komposit 100%:0% sebesar 16,924213 MPa, rata-rata kekuatan <em>bending</em> komposit 95%:5% sebesar 29,300379 MPa, rata-rata kekuatan <em>bending</em> komposit 90%:10% sebesar 30,378975 MPa, rata-rata kekuatan <em>bending</em> komposit 85%:15% sebesar 27,150129 MPa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa komposit 90%:10% memiliki kekuatan impak, dan kekuatan bending lebih tinggi jika dibandingkan dengan komposit yang lain.</p> 2021-04-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0 https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/article/view/83 Penerapan Sistem Manajemen Keselamataan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Di Fakultas Teknik 2024-11-17T10:43:34+07:00 Nurokhman Nurokhman rokhmann81@gmail.com <p>Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya dan manusia pada umumnya.Secara disiplin ilmu, Keselamatan dan Kesehatan Kerja diartikan sebagai ilmu dan penerapannya secara teknis dan teknologis untuk melakukan pencegahan terhadap munculnya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Padapenelitian ini mencatat semua data secara obyektif dan apa adanya sesuai dengan hasil observasi dan wawancara di lapangan. Penulis melakukan experimen mengenai Penerapan Sistem Manajemen Keselamataan dan Kesehatan Keja (SMK3)&nbsp; Di Fakultas Teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu, Belum adanya pelatihan simulasi jika ada keadaan darurat. Namun untuk tanda jalur evakuasi telah tersedia di setiap tangga fakultas dan tempat untuk berkumpul bila terjadi keadaan darurat sudah tersedia di depan fakultas teknik.</p> 2021-04-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 0