Analisis Turbulensi Mobil Hemat Energi Konsep City Car Pada Kecepatan 45 Km/Jam Menggunakan Computational Fluid Dynamics
Main Article Content
Abstract
Bentuk bodi mobil sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, semakin
aerodinamis semakin hemat konsumsi bahan bakar. Penelitian ini dilakukan dengan
membuat bodi mobil hemat energi dengan konsep city car dengan maksud
mengurangi drag pada saat mobil melaju. Tujuan penelitian ini juga dimaksudkan
untuk mendapatkan karakteristik turbulensi udara pada saat melaju di kecepatan 45
km/jam, karena analisa tersebut sangat berpengaruh terhadap konsumsi
energi/bahan bakar. Penelitian ini dilakukan secara simulasi dengan menggunakan
Computational Fluid Dynamic. Metode turbulance yang digunakan k-ε dan
menggunakan model meshing tetrahedrans. Simulasi mobil menggunakan kecepatan
45 km/jam. Dari data simulasi yang dilakukan diperoleh hasil yakni 0,39 dan
karakteristik udara di sekitar mobil pada saat melaju.