ANALISA DESAIN SASIS KENDARAAN GOKART

Isi Artikel Utama

Soebyakto Soebyakto

Abstrak

Ada suatu keinginan sebuah kendaraan roda empat yang dapat melawati jalan yang lebarnya 130 cm. Untuk mewujudkan hasrat tersebut, perlu pengetahuan beberapa jenis kendaraan yang ada, yang pernah dibuat oleh manusia. Jenis kendaraan tersebut meliputi  Mobil,  Gokart,  ATV  (All  Terrain  Vehicles),  UTV  (Utility  Terrain Vehicles), dan Buggy (road wagon). Gokart adalah kendaraan kecil beroda empat. Gokart, menurut definisi, tidak memiliki suspensi dan tidak ada diferensial. Gokart (mobil balap sederhana) bukanlah produk buatan pabrik. Gokart yang dikembangkan ternyata ekonomis, kompak, ringan, dan mudah dikendarai. Kebutuhan ini adalah dipenuhi oleh kendaraan yang sangat murah bernama gokart. Untuk itu, perlu membuat  kerangka  dudukan  kendaraan  gokart,  sehingga  gokart  yang  terbentuk sesuai  dengan  kebutuhan  tersebut.  Permasalahannya;  berapa  lebar  dan  panjang gokart yang optimal dibuat, agar jika berbelok tajam, samping kiri, kanan, dan belakang, tidak berbenturan dengan sisi batas jalan. Tujuan pembuatan kerangka dudukan kendaraan gokart yakni agar elemen-elemen gokart seperti sasis, perakitan kemudi, transmisi, ban, rem, dan saklar, menghasilkan spesifikasi kendaraan yang sesuai dengan kondisi medan jalan. Dari analisa desain sasis kerangka kendaraan gokart menghasilkan sasis dan rangka bodi kendaraan gokart dengan ukuran panjang gokart 2,8 m, lebar kendaraan 1,1 m, serta ketinggian kendaraan gokart 1,8 m.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Soebyakto, S. (2022). ANALISA DESAIN SASIS KENDARAAN GOKART. JURNAL ENGINEERING, 13(2), 23–32. Diambil dari https://engineering.upstegal.ac.id/index.php/Jureng/article/view/51
Bagian
Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama